Senin, 01 November 2010

Heritage Stasiun Bandung (BD) (DAOP II BD)

    Stasiun Bandung (BD) Kawung atau Stasiun Hall,begitu nama yang dikenal masyarakat dari stasiun terbesar  di kota berhawa sejuk ini . Sedangkan nama aslinya adalah "BANDUNG". Stasiun yang memiliki dua pintu,utara dan selatan,seolah tak pernah sepi lalu-lalang penumpang khususnya emplasemen stasiun bagian selatan. Sering penumpang duduk meriung di lantai putih peron yang terlihat kinclong.

     Selain Bersih dan nyaman Stasiun yang berdiri sejak tanggal 17 Mei 1884 ini juga calon penumpangnya dimanjakan oleh beberapa fasilitas . Mulai dari resto,factory outlet,Railcafe, TV stasiun, hingga pijat terapi menggunakan kursi pijat berkesan mewah. Pelayanan lain berupa parkir juga cukup aman.

Stasiun Bandung (BD) memiliki 6jalur keberangkatan kereta api dan 4jalur langsiran, sehingga seluruhnya berjumlah 10jalur lintasan. Awalnya arus keluar-masuk ke stasiun Bandung (BD) melalui bangunan lama atau arah utara karena didepan stasiun Bandung merupakan Terminal Bus untuk tujuan Kota-kota di sekitar Bandung atau disebut stasion Hall. Sekarang terminal tersebut telah berubah fungsi menjadi terminal Angkutan Kota (AngKot).

Tidak ada komentar: