Kamis, 30 September 2010

PT KA Persero Tanam 10.000 Pohon di Lintasan KA

PURWAKARTA, (PRLM).- Untuk mengantisipasi ancaman terjadinya longsor di lintasan kereta api Sukatani-Ciganea Purwakarta, PT Kereta Api (PT KA) Persero bersama-sama dengan komunitas pencinta alam dan Perum Perhutani Unit III Jabar-Banten melaksanakan gerakan penanaman 10.000 pohon, Minggu (26/9) di Kampung Pasiripis, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. Gerakan penanaman pohon tersebut tidak hanya dilaksanakan di wilayah Daerah Operasional (Daop) II Bandung saja tapi di sepanjang lintas kereta api di Pulau Jawa.
Wakil Direktur Utama PT KAI Persero, Muhammad Daud usai mencanangkan gerakan penanaman pohon kepada "PRLM", mengatakan aksi penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian PT KAI terhadap lingkungan terutama daerah-daerah sepanjang lintasan kereta api. "Tahun lalu di lintas KA Sukatani-Ciganea, Purwakarta pernah terjadi longsor hingga menyebabkan terputusnya jalur ini. Oleh karena itu, berkaitan dengan terjadinya masalah tersebut diupayakan gerakan penanaman pohon di sepanjang jalur yang rawan longsor," kata Muhammad Daud.
Ia menjelaskan, dipilihnya lokasi kegiatan "Go Green On The Track" adalah lintasan Sukatani-Ciganea karena di daerah ini curah hujan cukup tinggi serta daerah yang rawan pergerakan tanah. "Di belakang tempat perhelatan 'Go Green On The Track' terdapat longsoran yang cukup membahayakan dan jalan antar desa telah terputus," katanya.
Dikatakannya, panjang lintasan kereta api di Pulau Jawa ini sepanjang 3.500 Km dari total keseluruhan 8.000 Km. "Kami berusaha melakukan gerakan penghijauan di jalur lintasan kereta api di Pulau Jawa dengan menamam pohon sebanyak 41.000," ucapnya. (A-86/A-147)***

Tidak ada komentar: